PUSAT BIAYA dan PUSAT PENDAPATAN

PUSAT BIAYA

KONSEP PUSAT PERTANGGUNGJAWABAN DAN PUSAT BIAYA

Pusat biaya adalah pusat pertanggungjawaban yang oleh sistem pengendalian manajemen masukannya diukur dalam satuan moneter, sedangkan keluarannya tidak diukur dalam satuan moneter. Sebagai contoh yaitu bagian produksi. Di samping bertanggungjawab atas kualitas output, bagian produksi juga bertanggungjawab atas biaya produksi, tetapi tidak bertanggungjawab atas nilai keluaran. Alasan lain untuk tidak mengukur keluaran pusat biaya adalah kesukaran dalam mengukur keluaran pusat biaya tersebut. Contohnya bagian keuangan, bagian akuntansi, bagian personalia dan bagian penelitian dan pengembangan.

JENIS PUSAT BIAYA

Ditinjau dari sudut pengendalian, biaya ada dua, yaitu :

  1. Biaya teknis

Merupakan biaya yang jumlahnya berhubungan erat dengan volume kegiatan. Misalnya, biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung.

  1. Biaya kebijakan

Merupakan biaya yang jumlahnya tidak berhubungan dengan besarnya volume kegiatan.

Berdasarkan jenis biaya tersebut, pusat biaya dibedakan menjadi dua, yaitu :

  1. Pusat biaya teknis
  2. Pusat biaya kebijakan

PUSAT BIAYA TEKNIS

Pusat biaya teknis adalah pusat biaya yang sebagian besar biayanya dapat ditentukan dengan pasti karena biaya tersebut berhubungan erat dengan volume kegiatan pusat biaya tersebut. Contohnya yaitu bagian produksi dan bagian pengiriman.

Efisiensi pusat biaya diukur dengan jalan menghitung jumlah masukkan yang diperlukan untuk menghasilkan satu unit keluaran. Efektifitas pusat biaya tercemin oleh kualitas keluaran pada tingkat produksi yang direncanakan, dan ketepatan waktu dalam mencapai tingkat produksi yang direncanakan.

PUSAT BIAYA KEBIJAKAN

Pusat biaya kebijakan adalah pusat biaya yang sebagian besar biayanya tidak berhubungan erat dengan volume kegiatan pusat biaya tersebut. Contohnya yaitu bagian akuntansi, bagian personalia, dan bagian penelitian dan pengembangan. Contoh biaya yang tidak erat berhubungan dengan volume kegiatan adalah gaji pegawai, dan biaya depresiasi berbagai alat kantor atau laboratorium.

Oleh karena dalam pusat biaya kebijakan sebagian besar biayanya tidak berhubungan erat dengan volume kegiatan, maka efisiensinya sulit diukur. Efektivitas bagian penelitian dan pengembangan dapat diukur dengan jalan membandingkan antara realisasi dan rencana menciptakan produk baru ataupun peningkatan teknologi.

MASALAH DALAM PUSAT BIAYA KEBIJAKAN

Di dalam pusat biaya kebijakan terjadi ketidakselarasan antara tujuan perusahaan dan tujuan pribadi. Sebagai contoh misalnya akan diadakan perlengkapan yang diperlukan departemen akuntansi. Oleh karena manajer akuntansi mempunyai hobi komputer, sehingga dia menginginkan  hardware komputer dengan spesifikasi yang tinggi, komputer berkecepatan tinggi, dan laser printer beresolusi tinggi, sehingga dia dapat menghasilkan laporan berpenampilan canggih. Jika keinginan manajer dipenuhi, dia akan memperoleh kepuasan pribadi, tetapi sesungguhnya perusahaan tidak memerlukan laporan berpenampilan canggih.

PENGENDALIAN PUSAT BIAYA

Pengendalian pusat biaya dilakukan melalui anggaran dan pelaporan. Penggunaan anggaran sebagai alat pengendali pusat biaya teknis tidak menimbulkan kesulitan karena ada hubungan erat antara masukan dan keluarannya. Sebagai contoh, kalau untuk memproduksi sebuah produk, bagian produksi memerlukan biaya variabel Rp. 1.000,- maka untuk menghasilkan 100 buah produk, biaya variabel bagian produksi tersebut seharusnya Rp. 100.000,-.

PUSAT PENDAPATAN

KONSEP PUSAT PENDAPATAN

Pusat pendapatan adalah pusat pertanggungjawaban yang keluarannya diukur dalam rupiah, sedangkan masukannya tidak dihubungkan dengan keluarannya. Contohnya yaitu bagian pemasaran. Contoh biaya yang sulit dihubungkan dengan pendapatan adalah biaya penelitian pemasaran, pengumpulan informasi tentang pesaing, iklan dan hubungan masyarakat.

BIAYA DI BAGIAN PEMASARAN DAN PENGENDALIANNYA

Biaya yang terjadi di bagian pemasaran, yaitu :

  1. Biaya untuk memperoleh pesanan

Contohnya biaya kebijakan.

  1. Biaya untuk memenuhi pesanan

Contohnya biaya untuk pengambilan barang yang dipesan dari gudang, pengepakan, penggudangan, pengiriman, pembuatan faktur dan penagihan.

BIAYA PENELITIAN PEMASARAN

Dalam penelitian pemasaran, bagian pemasaran harus bekerja sama dengan bagian penelitian dalam menentukan masalah dan tujuan penelitian. Biaya penelitian pemasaran merupakan biaya kebijakan.

Untuk mengendalikan pusat biaya penelitian dan pengembangan, manajemen harus mengikuti tahap perencanaan penelitian. Daftar pertanyaan di bawah ini dapat dijadikan bahan untuk meneliti apakah informasi yang akan dikumpulkan melalui penelitian memang layak.

  1. Keputusan apa yang saudara lakukan secara rutin?
  2. Informasi apa yang saudara perlukan untuk mengambil keputusan tersebut?
  3. Informasi apa yang saudara peroleh secara rutin?
  4. Penelitian khusus apa yang secara periodik saudara minta?
  5. Informasi apa yang saudara ingini tetapi selama ini tidak saudara peroleh?
  6. Informasi apa yang saudara perlukan setiap hari, minggu, bulan dan tahun?
  7. Jurnal dan laporan industri apa yang ingin saudara terima secara teratur?
  8. Topik apa yang saudara selalu ingin tahu perkembangannya?
  9. Apakah saudara memerlukan program komputer untuk menganalisis data?
  10. Sebutkan empat perbaikan penting yang perlu dilakukan terhadap sistem informasi pemasaran!

BIAYA PENGAMATAN PESAING

Pengetahuan tentang apa yang dilakukan pesaing diperlukan manajemen. Cara yang dilakukan untuk mengetahui pesaing ada beberapa macam mulai dari yang legal sampai yang tidak legal. Cara lain yaitu membeli produk pesaing untuk dibongkar agar diketahui desainnya dan taksiran harganya. Informasi mengenai pesaing juga dapat diperoleh dari pemasok pesaing atau terbitan resmi pesaing.

Ada cara tidak etis yang dapat dilakukan untuk mengetahui pesaing, yaitu dengan pura-pura menawarkan kesempatan kerja yang sebetulnya tidak ada, dengan imbalan yang menarik. Pegawai pesaing mungkin sekali ikut melamar dan tergoda untuk memberi kesan bahwa dia adalah amat penting untuk diterima, sehingga dia bersedia membuka rahasia perusahaan tempat dia bekerja. Biaya untuk mengumpulkan informasi ini merupakan biaya kebijakan.

BIAYA IKLAN

Ada 4 hal yang perlu dipikirkan dalam pembuatan program iklan, yaitu :

  1. Tujuan iklan
  2. Anggaran iklan
  3. Pesan
  4. Media penyampaian pesan

Dengan mengetahui empat hal tersebut, manajemen dapat melakukan evaluasi untuk menentukan keberhasilan program iklan.

BIAYA PROMOSI PENJUALAN

Promosi penjualan adalah insentif jangka pendek untuk menaikkan penjualan. Dari segi pengendalian manajemen, promosi dapat dibedakan menjadi promosi yang berupa pengurangan harga jual produk dan promsi berupa pemberian hadiah.

Oleh karena promosi penjualan dimaksudkan sebagai insentif jangka pendek, maka kalau promosi tersebut berhasil, akan segera diikuti dengan kenaikan penjualan. Akan tetapi, karena di dalam pusat pendapatan masukan (biaya) tidak dikaitkan dengan pendapatan, maka biaya promosi penjualan dapat diperlakukan sebagai pengurangan penjualan.

BIAYA HUBUNGAN MASYARAKAT

Tujuan hubungan masyarakat adalah menumbuhkan hubungan yang baik antara perusahaan dengan masyarakat. Manfaat atas biaya untuk hubungan masyarakat tidak dapat segera terlihat dalam penjualan. Kalaupun manfaat tersebut ada, akibatnya baru terasa dalam jangka panjang. Oleh karena itu, biaya hubungan masyarakat tidak dapat dikaitkan dengan pendapatan. Biaya hubungan masyarakat merupakan biaya kebijakan.

BIAYA MEMENUHI PESANAN

Biaya memenuhi pesanan adalah biaya untuk memenuhi hingga mengirimkan pesanan kepada pembeli. Yang termasuk dalam biaya ini adalah pengambilan barang pesanan dari gudang, pengepakan, penggudangan, pengiriman, pembuatan faktur dan penagihan. Seluruh biaya ini besarnya sesuai dengan volume barang yang ditangani sehingga biaya memenuhi pesanan ini merupakan biaya teknis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s